Jumat, 01 Februari 2008

Info: Prosfek Usaha Domba Garut (Part 6)

Tatalaksana
Menurut Bambang Sugeng (2000) pemeliharaan dan perawatan yang baik adalah penting dalam pemeliharaan domba, dengan demikian peternak perlu mendapatkan keterampilan bagaimana cara pemeliharaan, perawatan yang baik dan benar
Di dalam tatalaksana pemeliharaan domba meliputi pemberian pakan, minum, membersihkan kandang dan lingkungannya serta pengumpulan kotoran, dimandikan pencukuran bulu serta pemotongan kuku.

Pencegahan Penyakit
Sanitasi sangat penting sebagai upaya pencegahan penyakit, jika hal tersebut diabaikan akan berdampak terhadap kesehatan domba, penyakit yang biasanya timbul dan perlu diwaspadai diantaranya : Foot Rot (penyakit kuku busuk), Orf, Pink eye, Pnemonia, Scabies, Bloat, Cacingan, Diare.

Reproduksi
Domba dapat berkembang biak 3 kali dalam 2 tahun dengan masa kebuntingan selama 150 hari atau selama 5 bulan, dengan rata-rata kelahiran sebanyak 2 ekor sedangkan masa asuh/menyusui anak selama 3 bulan dan induk dapat dikawinkan lagi setelah anak disapih. Induk muda yang sudah mampu melahirkan kembar pada kelahiran pertama mempunyai kecendrungan akan melahirkan anak kembar pada periode kelahiran berikutnya karena sifatnya akan menurun kepada anaknya + 15% (Subangkit 1998).