Rabu, 16 Januari 2008

Prosfek : Usaha Domba Garut (part 3)

Dalam memilih bibit perlu didukung dengan (recording) data silsilah agar dalam pemilihan tersebut tidak ragu dalam menentukan dan memilih bibit sebab salah satu faktor keberhasilan peternak adalah memilih bibit dan merupakan faktor penentu keberhasilan. Dalam perkembangannya produktivitas domba sangat ditentukan oleh anak yang dilahirkan. Induk muda yang sudah mampu melahirkan kembar pada kelahiran pertama mempunyai kecendrungan akan melahirkan anak kembar pada periode kelahiran berikutnya karena sifatnya akan menurun kepada anaknya + 15% (Subangkit 1998).

Menutrut Sugeng (1999), untuk memilih bibit perlu diperhatikan beberapa kriteria antara lain :

  1. Tanda-tanda pejantan dada lebar dan dalam, tubuh besar relatif panjang, tidak cacat, testis normal (sama besar/simetris), dapat ereksi, punggung lurus dan memeiliki sifat pejantan yang baik, bulu bersih dan mengkilat.
  2. Tanda-tanda calon bibit/induk yang baik, sehat tidak terlalu gemuk, tidak cacat, alat kelamin normal, mempunyai sifat keibuan, ambing normal, puting simetris, bulu besih dan mengkilat, umur antara 8-12 bulan atau gigi susu belum berganti, berat badan sekitar 20-25 kg.