Jumat, 18 Januari 2008

Info : Prosfek Usaha Domba Garut (part 4)

Pakan berupa hijauan dapat diberikan sebanyak 100% berasal dari lapangan/ sisa hasil pertanian atau kacang-kacangan dan biasanya peternak memberikan pakan hanya sebatas rumput-rumputan dan leguminosa atau kacang-kacangan tentu hal ini dapat berdampak kurang baik karena pemberian pakan tidak berdasar kepada kebutuhan ternak sehingga terkesan asal-asalan. Menurut Mulyono (1998) pakan merupakan unsur yang sangat menentukan untuk pertumbuhan, reproduksi serta kesehatan ternak itu sendiri. Pakan yang baik adalah pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan ternak yang banyak mengandung nutrisi dan mempunyai gizi lengkap seperti protein karbohidrat, vitamin dan mineral dan tidak menimbulkan gangguan/meracuni pada pencernaan dan jumlahnya mencukupi.
Ditegaskan oleh Bambang Sugeng (2000), bahwa makanan yang baik adalah sesuai dengan zat-zat makanan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air, ini adalah salah satu upaya peningkatan produktivitas, kualitas maupun kuantitasnya.
Ditegaskan oleh Mulyono (1998) makanan pokok ternak adalah hijauan, namun untuk meningkatkan produktivitasnya perlu ditambahkan makanan konsentrat. Adapun tujuan pemberian makanan penguat/ konsentrat adalah untuk meningkatkan nilai gizi/zat makanan yang berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan. Sedangkan untuk meningkatkan konsumsi pakan dan meningkatkan daya cerna dapat diberikan rumput-rumputan